top of page
  • Gambar penulisBETA-UAS

Industri Drone Indonesia: Panggung Inovasi dan Kolaborasi

Kolaborasi BETA dan Assemblr dalam menampilkan citra pemetaan dengan Augmented Reality
Kolaborasi BETA dan Assemblr dalam menampilkan citra pemetaan dengan Augmented Reality

Industri Drone Indonesia kini berkembang menjadi salah satu sektor yang paling menjanjikan dan seru untuk diikuti. Sebagai industri yang relatif baru, perkembangan teknologi drone lokal dipacu oleh semangat kolaborasi industri drone dan inovasi, terutama dari generasi muda yang tergabung dalam Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA). Eksplorasi teknologi drone di Indonesia tidak hanya mengindikasikan potensi besar dalam aspek teknis dan komersial, tapi juga membuktikan komitmen kuat para pelaku industri drone untuk mendorong kemandirian teknologi di tanah air.


Keunikan Industri Drone Indonesia

Salah satu aspek yang membuat industri drone Indonesia begitu unik adalah semangat kolaborasi industri drone yang mendasarinya. Berbeda dengan sektor lain yang kerap ditemukan persaingan ketat bahkan kampanye negatif, industri drone Indonesia menunjukkan kekompakan dan saling dukung antarperusahaan. Ini adalah bukti nyata dari etos kerja positif yang dianut oleh para pengembang drone di Indonesia, yang sebagian besar adalah kaum muda.


Business Matching 2024, Bali

Sebuah momen penting bagi industri drone Indonesia terjadi saat BETA dan perusahaan drone Indonesia lainnya seperti PT Inovasi Solusi Transportasi Indonesia (FROGS) dan PT Karya Solusi Angkasa (FDS) – semua anggota ASTTA – berpartisipasi dalam pameran Business Matching 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI pada tanggal 4-5 Maret di Bali. Acara ini tidak hanya menjadi ajang showcase produk drone terbaru yang telah memperoleh sertifikasi TKDN Drone, tapi juga sebagai bukti kolaborasi industri drone dalam memajukan industri drone lokal. Dalam acara ini kami juga bertemu dengan PT Techno GIS Indonesia yang merupakan pengembang berbagai sistem dan software pemetaan geospasial.


BETA, FROGS, FDS, dan Assemblr dalam kegiatan Business Matching 2024
BETA, FROGS, FDS, dan Assemblr dalam kegiatan Business Matching 2024

Kolaborasi BETA dan Assemblr

Dalam pameran Business Matching tersebut, BETA menampilkan drone pemetaan RAYBE dan berkolaborasi dengan Assemblr untuk menampilkan citra pemetaan RAYBE. Assemblr adalah sebuah startup Indonesia yang fokus pada pengembangan platform augmented reality drone. Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana teknologi drone dapat diintegrasikan dengan teknologi lain untuk menciptakan solusi inovatif, seperti drone pemetaan geospasial dengan tampilan AR yang memperkaya pengalaman pengguna.


Mengapa Industri Drone Layak Diperhatikan?

Drone menawarkan berbagai manfaat yang tidak terbatas pada satu atau dua sektor. Dari pertanian, pemetaan geospasial, hingga transportasi, teknologi drone memiliki potensi untuk mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi dengan dunia sekitar. Lebih dari itu, kemampuan lokal dalam menguasai dan mengembangkan teknologi ini menandakan langkah penting menuju kemandirian teknologi Indonesia.


Industri drone Indonesia adalah cerminan dari dinamika, inovasi drone Indonesia, dan kolaborasi. Dengan didorong oleh semangat anak muda dan komitmen untuk saling mendukung, sektor ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi perkembangan teknologi tanah air. Mari berkolaborasi dan membangun kemandirian teknologi Indonesia bersama BETA-UAS dan ASTTA!

0 komentar

Comments


bottom of page